ETIKA BISNIS
TUGAS PERTEMUAN 2
Nama :
Giolita Alifia Firdhana
NIM :
01219072
Kelas : Manajemen A-01
Mata Kuliah : Etika Bisnis
PT TELKOM
INDONESIA
Sesuai
ketentuan Surat Edaran OJK No.32/SEOJK.04/2015 tentang Pedoman Tata Kelola
Perusahaan Terbuka dan Sarbanes-Oxley Act (“SOA”) 2002 section 406, kami
memiliki dan menjalankan kode etik yang berlaku bagi seluruh level organisasi.
Kode Etik Telkom ditetapkan melalui Keputusan Direksi No.PD.201.01/2014 tentang
Etika Bisnis di Lingkungan Telkom Group dan Keputusan Direktur Human Capital
Management No.PR.209.05/r.00/PS800/COP-A4000000/2017 tentang Etika dan
Kepatuhan Karyawan.
Pokok-pokok Kode Etik Telkom antara lain mengatur mengenai:
1.
Etika Kerja Karyawan; yaitu sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh
Karyawan dan Pemimpin dalam bekerja sehari-hari dengan lingkup sebagai berikut:
a.
Perilaku Utama Karyawan:
i. Kapasitas dan Kapabilitas Karyawan
ii.
Kewajiban dan Larangan
iii. Kerahasiaan Informasi
iv.
Infrastruktur
v. Lingkungan Kerja
b.
Perilaku Utama Pemimpin:
i. Perilaku Pemimpin
ii.
Perilaku Direksi
iii. Perilaku Chief Executive Officer (CEO)
dan Chief
Financial Officer (CFO)
2.
Etika Usaha yaitu sistem nilai atau norma yang dianut oleh Perusahaan sebagai
acuan Perusahaan, Manajemen dan Karyawannya untuk berhubungan dengan
lingkungannya dengan lingkup sebagai berikut:
a.
Hubungan dengan Regulator
b.
Hubungan dengan Stakeholder
c.
Ketentuan tambahan
Setiap tahun, Telkom mengirimkan materi
sosialisasi kapada karyawan tentang pemahaman GCG, etika bisnis, pakta
integritas, fraud, manajemen risiko,
pengendalian internal (“SOA”), whistleblowing, pelarangan gratifikasi,
tata kelola TI, menjaga keamanan informasi dan hal-hal lainnya yang
terintegrasi terkait dengan praktik tata kelola perusahaan.
Telkom juga menyelenggarakan program survei online etika
bisnis dengan populasi seluruh karyawan melalui media portal/intranet yang
diakhiri dengan pernyataan kesediaan karyawan untuk menjalankan etika bisnis.
Pemahaman dan penerapan etika bisnis berikut hasil survei setiap tahun diaudit
secara internal maupun eksternal melalui proses audit SOA 404. Audit tersebut
dijalankan dalam rangka penerapan control environment sesuai
skema kerja pengendalian internal COSO pada audit pengendalian internal tingkat
entitas.
BUDAYA PERUSAHAAN
“The Telkom Way” merupakan budaya
perusahaan atau nilai-nilai perusahaan yang dimiliki Telkom sejak tanggal 10
Juni 2013 yang yang ditetapkan oleh Direksi melalui surat Keputusan Direksi
Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk,
No.PD.201.00/r.00/HK250/COP-B0020000/2013 tentang Arsitektur Kepemimpinan dan
Budaya Perusahaan. Selanjutnya pedoman implementasi Budaya Perusahaan di
lingkungan Telkom Group ditetapkan dalam Peraturan Direktur Human Capital &
General Affair Telkom No.PR.201.01/r.00/HK250/COP-B0400000/2013 tentang Budaya
Perusahaan Telkom Group.
Penetapan budaya perusahaan diatas mengacu pada
Konsep pengelolaan Telkom Group yang didasarkan pada elemen 8S, yaitu Spirituality, Style, Shared
Values, Strategy, Staff, Skill, System,
dan Structure.
Secara
lengkap Budaya Perusahaan diformulasikan sebagai berikut:
- Philosophy to be the Best: Always The Best
Always the Best adalah sebuah basic
belief untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap
pekerjaan. Always the Best memiliki esensi “Ihsan” yang dalam
pengertian ini diterjemahkan “terbaik”. Setiap insan Telkom Group yang memiliki
spirit Ihsan akan selalu memberikan hasil kerja yang lebih baik dari yang
seharusnya, sehingga sikap ihsan secara otomatis akan dilandasi oleh hati yang
ikhlas. Ketika setiap aktivitas yang di lakukan adalah bentuk dari ibadah
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Philosophy to be the Best: Integrity, Enthusiasm, Totality
Always the Best menuntut setiap insan
Telkom Group memiliki integritas (integrity), antusiasme (enthusiasm),
dan totalitas (totality).
- Principles to be the Star: Solid, Speed, Smart
Principles to be the Star dari The Telkom Way adalah 3S yakni Solid,
Speed, Smart yang sekaligus menjadi core values atau great
spirit.
- Solid - Seluruh insan Telkom Group
harus memberikan yang terbaik (Always The Best) dan meningkatkan
soliditas di antara seluruh insan Telkom Group sebagai satu Great
Team.
- Speed - Segenap insan Telkom
Group harus bekerja cepat dalam setiap kesempatan untuk memenangkan
persaingan. Karena yang cepat akan mengalahkan yang lambat.
- Smart - Seluruh insan Telkom
Group dituntut bekerja smart, yaitu memahami tujuan yang
ingin dicapai, menentukan prioritas dan selalu mencari cara baru yang
lebih baik untuk mencapai tujuan.
- Practices to be the Winner: Imagine - Focus – Action
Sumber
: https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/kode-etik-dan-budaya-perusahaan
#bangganarotama #generasiemas
#narotamajaya #suksesituaku
#thinksmart #pebisnismudanarotama
Komentar
Posting Komentar